PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENULIS SURAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BUMIARUM KECAMATAN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1013119205, SUPARMI (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENULIS SURAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BUMIARUM KECAMATAN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (441Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pengesahan.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan beberapa kendala dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD N 2 Bumiarum kecamatan Pringsewu yang menyebabkan prestasi belajar masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi bahasa Indonesia pokok bahasan manulis surat dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa di kelas IV SD Negeri 2 Bumiarum Kecamatan Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Prosedur yang dilakukan pada setiap tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I pertemuan pertama siswa yang tuntas 12 siswa (40%) sedangkan siswa yang belum tuntas 18 siswa (60%). Pada pertemuan kedua siswa yang tuntas 14 siswa (46,67%) sedangkan siswa yang belum tuntas 16 siswa (53,33%). Pada siklus II pertemuan pertama siswa yang tuntas 20 siswa (66,67%) sedangkan siswa yang belum tuntas 10 siswa (33,33%). Pada pertemuan kedua siswa yang tuntas mencapai 25 siswa (83,33%) sedangkan yang belum tuntas 5 siswa (16,67%) Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 2 Bumiarum kecamatan Pringsewu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disarankan bahwa metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat diterapkan oleh guru yang lain guna meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga meningkatkan mutu pendidikan. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Prestasi belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:56
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir