Suhartono, Angga Praditya (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK TES ( Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulaupanggung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (493Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (435Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (410Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (313Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (474Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1905Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa di dalam pembelajaran Ekonomi pada kelas X SMA N 1 Pulaupanggung Tanggamus. Berdasarkan hasil observasi, hal tersebut dikarenakan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dalam aktivitas belajar, siswa masih menjadi pihak yang pasif yang hanya menerima informasi dari guru tanpa punya inisiatif untuk menambah wawasan materi pada sumber belajar lain, mengungkapkan pendapat dan mengajukan pertanyaan kepada guru tentang hal yang belum dipahami, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Model kooperatif tipe Problem Solving dengan memperhatikan bentuk soal (pilihan ganda dan analisis hubungan) sebagai variable moderatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode clutster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes belajar menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan esai kepada dua kelas sampel. Setelah hasil belajar diperoleh, data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T-test Dua Sampel Independent dan uji Analisis Varian Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukan; (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe GI dan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe Problem Solving. ; (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi antara siswa yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan siswa yang dites menggunakan bentuk soal analisis hubungan. ; (3) terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan bentuk soal. ; (4) rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Problem Solving jika hasil belajarnya diukur menggunakan tes pilihan ganda. ; (5) rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Problem Solving jika hasil belajarnya diukur menggunakan tes analisis hubungan. ; (6) rata-rata hasil belajar Ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal analisis hubungan pada pembelajaran kooperatif tipe GI. ; (7) rata-rata hasil belajar Ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal esai pada pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, GI, Problem Solving, bentuk soal tes.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 22 Mar 2014 04:47 |
Terakhir diubah: | 22 Mar 2014 04:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1364 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |