1013119220, WARSINI (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN TEMATIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS III SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (392Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (292Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar pengesahaan.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (72Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 2 Pringsewu Timur selama ini proses pembelajarannya guru masih mendominasi kelas, siswa masih mengalami kesulitan dalam menghubungkan tema dengan beberapa mata pelajaran dan siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga menjadi pasif. Kecenderungan pembelajaran yang demikian berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa, dimana banyak siswa kelas III yang nilainya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas rendah yaitu contextual teaching and learning dimana model pembelajaran ini membantu siswa memahami materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan tematik dengan model pembelajaran contextual teaching and learning pada kelas III SD Negeri 2 Pringsewu Timur Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Desain penelitian ini menerapkan model penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di kelas III melalui pendekatan tematik dengan model pembelajaran contextual teaching and learning efektif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Tematik, dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:56 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13640 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |