0613024022, Dona Restu Putri (2011) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Kelas VIII Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (330Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (354Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover2.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
abstrak Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap studi pendahuluan diawali dengan analisis kebutuhan yang mencakup studi literatur dan studi lapangan. Kemudian dilanjutkan pada tahap studi pengembangan yang meliputi: (1) mendesain draft LKS eksperimen; (2) melakukan validasi; (3) melakukan uji coba terbatas; serta (4) melakukan evaluasi dan memperbaiki produk. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil TP 2010/2011 di tiga sekolah yang dibedakan berdasarkan status terakreditasi, yaitu: SMP Negeri 1 Gadingrejo (A), SMP Negeri 1 Padangratu (B) dan MTs Nurul Huda Pringsewu (C). Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, analisis LKS, tes awal, tes akhir, angket, dan lembar observasi. N-gain tes awal dan tes akhir dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 12 untuk uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Sedangkan hasil wawancara, analisis LKS, angket dan lembar observasi dianalisis menggunakan statistik sederhana atau deskriptif dalam bentuk skor dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik LKS eksperimen yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa memiliki format seperti: judul eksperimen, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan, teori dasar, alat dan bahan, prosedur eksperimen, data pengamatan serta pertanyaan dan kesimpulan yang disusun berdasarkan indikator keterampilan proses sains; (2) Rata-rata keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol; (3) LKS eksperimen hasil pengembangan lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa; (4) Kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa pada saat menggunakan LKS eksperimen hasil pengembangan adalah lebih menyita waktu untuk dikerjakan. Kata kunci : pengembangan, LKS eksperimen, sistem pernapasan pada manusia dan keterampilan proses sains.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:16 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13718 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |