0613024025, Fitriyani (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMAN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (162Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover luar.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul Skripsi.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (98Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pertahanan tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretes-postes group control. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi siswa melalui pretes dan postes sehingga diperoleh N-Gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diamati menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan indeks aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penguasaan materi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada penguasaan materi siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 76,16 lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain pada kelas kontrol yang hanya 66,27. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi (9,4%) dibandingkan dengan kelas kontrol (0,5%). Pada kelas eksperimen aspek aktivitas tertinggi adalah kecakapan komunikasi pada tahap sharing yang meliputi bahasa yang digunakan, kesesuaian pertanyaan dengan materi dan kemampuan mempertahankan pendapat. Tingginya kecakapan komunikasi ini karena siswa sudah “berlatih” berdiskusi memecahkan persoalan dengan pasangannya pada tahap pairing. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS terhadap penguasaaan materi pokok sistem pertahanan tubuh dan aktivitas belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kata kunci : pembelajaran kooperatif TPS, penguasaan materi, dan aktivitas belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:16 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13720 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |