PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN GALLERY WALK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN (Studi Quasi Experimen pada siswa kelas XI SMA Al Kautsar Bandar Lampung Semester Genap T.P 2011/2012)

0643024014, Deki Priasih (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN GALLERY WALK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN (Studi Quasi Experimen pada siswa kelas XI SMA Al Kautsar Bandar Lampung Semester Genap T.P 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER dq.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar isi.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persetujuan.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1(1-11).pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab II dq(12-19).pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III(20-33).pdf

Download (193Kb) | Preview
[img] File PDF
bab IV tj (34-45).pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (324Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAPUS DQ(48-49).pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SIMPULAN DAN SARAN (46-47).pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa SMA Al Kautsar Bandar Lampung masih rendah karena metode diskusi yang diterapkan masih belum optimal. Salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan meteri pokok Sistem Pencernaan oleh siswa yaitu model pembelajaran Gallery Walk (GW), suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan berdampak pula pada peningkatan penguasaan materi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penerapan model pembelajaran GW terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan; (2) penguasaan materi siswa yang lebih tinggi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran GW dengan siswa yang menggunakan metode diskusi; dan (3) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran GW dibandingkan dengan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012 yang merupakan eksperimen semu dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 (43 siswa) dan XI IPA (44 siswa) 4 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi selama proses pembelajaran, kemudian dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran GW memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Gallery Walk berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dan penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada manusia kelas eksperimen (N-gain = 84,44) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (N-gain = 73,2); (2) Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran GW (76,49) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi (65,67). Kata kunci : Model pembelajaran Gallery Walk (GW), aktivitas belajar siswa, penguasaan materi dan Sistem Pencernaan pada manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:03
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir