0743024030, I Gede Suastika Yasa (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER GO KOMPRE.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. COVER Sarjana kompre.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. abstrak kompre.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. pernyataan kompre.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHAN kompre.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERSETUJUAN KOMPRE.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP KOMPRE.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. DAFTAR ISI KOMPRE.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. DAFTAR TABEL & GAMBAR kompre.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I ( 1-9).pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II (10-15).pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III (16-31).pdf Download (204Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV (32-43).pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (256Kb) |
||
|
File PDF
bab v (44).pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dapus (45-46).pdf Download (101Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Hasil observasi dan pengalaman PPL di SMA Negeri 15 Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang mengembangkan kemampuan berpikir. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas siswa pada materi pokok ekosistem. Desain penelitian ini adalah pretes-posttes non equivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X5 dan X3 yang terpilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji t. Data aktivitas belajar diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, data tersebut dianalisis dengan menggunakan indeks aktivitas dan data angket tanggapan siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian dan uji t menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara signifikan dengan rata-rata nila N-gain sebesar 41,11. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi pada semua indikator yaitu memberikan argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, indikator kemampuan berpikir kritis tertinggi diperoleh pada kemampuan deduksi dengan peningkatan sebesar 29,42 dan indikator terendah induksi sebesar 3,19. Aktivitas belajar siswa menggunakan model pelajaran inkuiri terbimbing tertinggi pada aspek membuat kesimpulan dengan rata-rata 12,18. Dengan demikian penggunaan model inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem Kata kunci : inkuiri terbimbing, berpikir kritis, ekosistem
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:04 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13751 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |