0743024060, Yulisa Wulandari (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA SUB MATERI POKOK KERUSAKAN/ PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Arjuna Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
2. aBSTRAK.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.COVER DALAM.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.MOTTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.MOTTO.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (404Kb) |
||
|
File PDF
bab V kesimpulan.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (91Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Kemampuan berpikir rasional dalam belajar harus dimiliki oleh siswa untuk memperoleh keberhasilan belajar siswa yang optimal. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas X SMA Arjuna diketahui bahwa kemampuan berpikir rasional oleh siswa masih kurang dikembangkan dan didominasi oleh guru. Satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa aktif dalam berpikir rasional yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata nilai pretes dan postes kemampuan berpikir rasional oleh siswa yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen dengan rata-rata 64,48 lebih tinggi daripada rata-rata pada kelas kontrol yaitu 49,14. Indikator kemampuan berpikir rasional dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model PBL yakni indikator mengambil keputusan dan menggali informasi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model PBL juga mengalami peningkatan dari pertemuan I dengan rata-rata 68,74 meningkat pada pertemuan II dengan rata-rata 76,66. Aspek mengemukakan ide/ gagasan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria baik yang dicapai siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir rasional, aktivitas belajar, pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:04 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13763 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |