0853024022, Jarmini (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK MANUSIA (Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas VIII Semester GanjilSMP N 2 Abung SelatanT.P 2012/2013). Digital Library.
|
File PDF
1. Cover depan minni.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak skripsi.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. halaman persetujuan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. halaman pengesahan.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan_baru_minni.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dapus november.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3976Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keterampilan berpikir kritis (KBK) perlu dimiliki siswa dalam proses pembelajaran. Namun hasil observasi di SMP Negeri 2 Abung Selatan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang dikembangkan masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa. Salah satunya dengan menggunakan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai N-gain, kemudian dianalisis dengan uji t dengan taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model kooperatif tipe Jigsaw yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 0,48 yaitu dengan kriteria sedang. Selain itu, rata-rata N-gain indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu 0,60 dengan kriteria sedang. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria sangat tinggi yaitu 85,13 %. Selain itu, sebagian besar siswa (92,86%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Gerak Manusia. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Jigsaw, KBK, Sistem Gerak Manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:05 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13772 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |