0643024034, Melia Eka Putri (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung T.P 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (319Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV MINDY (2).pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (252Kb) |
||
|
File PDF
BAB V miendy.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER DEPAN.doc.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER SARJANA.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LMBAR MENYETUJUI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. LMBAR MENGESAHKAN.pdf Download (4033b) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (3987b) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (285Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (174Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penguasaan konsep materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada siswa kelas XI IPA SMA Persada Bandar Lampung belum tercapai secara maksimal. Hal ini diduga karena guru belum pernah menggunakan media dan model yang sesuai. Untuk mengatasi hal itu, telah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran picture and picture. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap penguasaan konsep pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian berupa N- gain yang diperoleh dari nilai pretest pada pertemuan pertama dan nilai postest pada pertemuan kedua. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep materi pokok sistem pencernaan makanan pada siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture; (2) penguasaan konsep materi pokok sistem pencernaan makanan pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran picture and picture (N-gain 65,23) lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture (N-gain 41,28); (3) aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerja sama,bertukar informasi, dan persentasi yang menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan peningkatan (9,7%) lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa model pembelajaran picture and picture, dengan peningkatan (5,7%). Jadi, penggunaan model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap penguasaan konsep materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada siswa kelas XI SMA Persada Bandar Lampung T.P 2010/2011. Kata kunci : model pembelajaran picture and picture, penguasaan konsep, sistem pencernaan makanan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:18 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13790 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |