UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING BELAKANG DENGANMENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913068009, Helmiza (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GULING BELAKANG DENGANMENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 DURIAN PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144Kb)
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (293Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Proposal Baru.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan alat bantu berupa matras yang dimiringkan atau bidang miring dapat meningkatkan ketrampilan guling belakang pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Durian Payung Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kaji tindak (Action Research) yaitu putaran berspiral (Self Reflective Spiral) yang dirancang secara: (a). Rencana tindakan, (b). Pelaksanaan tindakan, (c). Observasi, (d). Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dari siklus pertama dan seterusnya hanya bersifat mengulang dan merubah bentuk bantuan dari siklus sebelumnya. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va di SD Negeri 1 Durian Payung sebanyak 29 orang yang terdiri dari 11 siswa putra dan 18 siswa putrid dengan pertimbangan bahwa kelas tersebut merupakan kelas yang di kategorikan rendah terhadap pembelajaran guling belakang. Hasil tes awal sebelum tindakan siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 54,93 kemudian setelah mengadakan tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing siklus terdapat peningkatan yaitu 1 siswa mendapat nilai 61,55. Kemudian pada siklus 2 siswa yang memperoleh nilai diatas atau sama dengan rata-rata kelas berjumlah 14 orang atau sebesar 48,27% dan pada siklus 3 siswa memperoleh nilai diatas atau sama dengan rata-rata kelas 27 orang atau sebesar 93,09% sedangkan di bawah ketuntasan berjumlah 2 orang atau 6,91%. Kesimpulan yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan alat bantu dapat meningkatkan ketrampilan guling belakang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Durian Payung Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:06
Last Modified: 22 Oct 2015 10:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item