0513023004, EKA SETIAWATI (2011) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TANDUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA 2 MAN 1 Bandar Lampung TP 2009/2010). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (208Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (58Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, diperoleh informasi bahwa hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 2 MAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2008/2009 pada materi pokok asam basa baru 35% siswa yang mencapai KKM. KKM yang ditetapkan adalah 100% siswa mendapat nilai 66. Aktivitas on task siswa selama pembelajaran masih rendah sehingga pembelajaran berlangsung ku-rang efektif. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas on task dan pengua-saan konsep kimia siswa adalah dengan mengimplementasikan pendekatan TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan TANDUR dalam meningkatkan persentase: (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep, dan (3) jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus ke siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan data penguasaan konsep kimia siswa yang diper-oleh melalui tes formatif pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase dari Siklus I ke Siklus II dan dari Siklus II ke Siklus III secara berurutan: (1) rata-rata setiap jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas (i) mengemukakan pendapat sebesar 8,66% dan 6,73%; (ii) aktif dalam diskusi sebesar 17,15% dan 8,53%; (iii) ber-tanya pada guru sebesar 8,09% dan 8,19%; dan (iv) menjawab pertanyaan dari guru atau teman sebesar 7,04% dan 9,70%; (2) rata-rata penguasaan konsep kimia siswa sebesar 5,83% dan 17,42%; dan (3) jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 17,77% dan 15,56%. Pendekatan TANDUR dapat meningkatkan aktivitas on task siswa dalam setiap pertemuan. Meningkatnya aktivitas on task siswa dapat meningkatkan penguasaan konsep. Kata kunci: pendekatan TANDUR, aktivitas on task, penguasaan konsep, materi asam basa
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:25 |
Terakhir diubah: | 05 Nov 2015 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13869 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |