PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK BINA LATIH KARYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, Wahyu Dwi Setyowaty (2011) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK BINA LATIH KARYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Dafis.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (437Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Dapus.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (417Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk menjelaskan pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran PKn kaitannya terhadap prestasi belajar siswa di SMK Bina Latih Karya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, subjek yang diteliti merupakan siswa kelas X, terdiri dari 9 kelas berjumlah 322 siswa. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 20% atau 64 siswa dari 322 siswa. Hasil penelitian berdasarkan variabel kreatifitas guru menunjukkan bahwa dari 64 responden, 16 responden (25%) mempunyai kategori kurang baik dalam proses pembelajaran dikarenakan mereka menganggap guru tidak bisa mengembangkan kreativitasnya dan pembelajaran berjalan secara monoton. Sebanyak 20 responden (31,25%) responden mempunyai kategori cukup baik dan sudah dapat belajar dengan santai namun terarah, karena guru sudah menerapkan inovasi dalam pembelajaran walaupun masih belum maksimal. 28 (43,75%) responden mempunyai kategori yang sangat baik dalam proses pembelajaran, karena guru sudah bisa mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Hasil penelitian berdasarkan variabel prestasi belajar, menunjukkan bahwa dari 64 responden, 8 (12,5%) responden mempunyai prestasi belajar yang rendah,karena siswa tidak bisa memahami pelajaran dengan baik, guru tidak berinovasi dalam proses pembelajaran sehingga monoton, jadi siswa merasa kurang tertarik untuk belajar. 24 (37,5%) responden mempunyai prestasi belajar sedang dalam proses pembelajaran PKn, siswa merasa terbantu dengan penerapan metode, media, strategi, model, dan sumber belajar yang bervariasi, namun mereka menilai hal tersebut masih kurang maksimal. 32 (50%) responden mempunyai prestasi belajar yang tinggi dalam dalam proses pembelajaran PKn, siswa beranggapan bahwa guru yang memberikan variasi dalam pembelajaran membuat mereka bisa belejar dengan santai namun terarah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:39
Last Modified: 18 Mar 2014 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item