PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMP WIYATA KARYA NATAR

Ikhwan Robi, 0543022009 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMP WIYATA KARYA NATAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. MOTO.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (314Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif materi fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SMP Wiyata Karya Natar Kelas IX. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas 9a dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas 9b dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif . Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test didapat nilai sig pada hasil belajar IPA materi fisika siswa adalah sebesar 0.128, ini berarti nilai signifikansinya lebih besar dari nilai α (0.025) sehingga terima H0 dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil peng¬ujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran kooperatif. Selanjutnya hasil uji independent sample t-test juga dapat mengetaui rata-rata peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji didapat data bahwa untuk pembelajaran berbasis masalah memperoleh skor rata-rata 0.35 dan pembelajaran kooperatif memperoleh skor rata-rata 0.41. Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif, dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 7272575 . Digilib
Date Deposited: 29 Oct 2015 01:50
Last Modified: 29 Oct 2015 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item