PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713053026, Eva Kristiana (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (255Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (496Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar lampiran.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (3877b) | Preview

Abstrak

Abstrak Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IVB SD Negeri (SDN) 2 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Metro Pusat dan sekaligus meningkatkan hasil belajarnya melalui model induktif. Penelitian ini menggunakan PTK, yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model induktif dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (54,99%), siklus II (64,54%), dan siklus III (81,81%) lalu persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (43,14%), siklus II (60,28%), dan siklus III (81,71%) sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (62,64), siklus II (71,44), dan siklus III (85,04) walaupun pencapaian nilainya belum istimewa. Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV Sekolah Dasar dapat menggunakan model induktif dalam pembelajaran IPS agar aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta siswa tidak menganggap mata pelajaran IPS sebagai mata pelajaran yang membosankan. Kata kunci: Aktivitas dan hasil belajar IPS, model induktif

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:32
Last Modified: 05 Nov 2015 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14093

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir