0713053026, Eva Kristiana (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B SEKOLAH DASAR NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
Text
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (496Kb) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
cover 2.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar gambar.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar lampiran.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar tabel.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
motto.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
pernyataan.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
Text
persembahan.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
persetujuan.pdf Download (3877b) | Preview |
Abstrak
Abstrak Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IVB SD Negeri (SDN) 2 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Metro Pusat dan sekaligus meningkatkan hasil belajarnya melalui model induktif. Penelitian ini menggunakan PTK, yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan tersebut dikumpulkan melalui lembar observasi, hasil tes pada setiap akhir siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model induktif dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas IVB SD Negeri 2 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (54,99%), siklus II (64,54%), dan siklus III (81,81%) lalu persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (43,14%), siklus II (60,28%), dan siklus III (81,71%) sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (62,64), siklus II (71,44), dan siklus III (85,04) walaupun pencapaian nilainya belum istimewa. Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV Sekolah Dasar dapat menggunakan model induktif dalam pembelajaran IPS agar aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat serta siswa tidak menganggap mata pelajaran IPS sebagai mata pelajaran yang membosankan. Kata kunci: Aktivitas dan hasil belajar IPS, model induktif
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 06:32 |
Last Modified: | 05 Nov 2015 06:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14093 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |