PERBANDINGAN PEMANFAATAN FLY ASH BATUBARA YANG DIAKTIFASI SECARA FISIK DAN NaOH-FISIK DENGAN VARIASI NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR DIESEL 4-LANGKAH

SETIA WASIS, 0915021012 (2015) PERBANDINGAN PEMANFAATAN FLY ASH BATUBARA YANG DIAKTIFASI SECARA FISIK DAN NaOH-FISIK DENGAN VARIASI NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR DIESEL 4-LANGKAH. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRACT.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan..pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Pernyataan.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. DAFTAR NOTASI.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15. BAB I.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
16. BAB II.pdf

Download (393Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
17. BAB III.pdf

Download (1201Kb) | Preview
[img] File PDF
18. BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (252Kb)
[img]
Preview
File PDF
19. BAB V.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pada proses pembakaran, oksigen adalah gas yang paling diperlukan untuk melangsungkan proses pembakaran. Semakin tinggi kadar oksigen dalam udara, maka proses pembakaran akan semakin optimal. Fly ash merupakan senyawa alumina silikat yang secara fisik dan kimia mempunyai kemampuan sebagai penyerap (adsorben). Dalam penelitian ini kemampuan fly ash sebagai adsorben dimanfaatkan untuk menyaring udara pada saat proses pembakaran agar meningkatkan prestasi motor diesel 4-langkah, fly ash diberikan dua proses aktivasi yaitu aktivasi fisik dan kimia-fisik menggunakan NaOH dengan normalitas 0,25N; 0,50N; dan 0,75N dan aktivasi fisik dengan temperatur 150 o C selama 1 jam serta variasi massa 25 gram, 50 gram dan 75 gram, yang bertujuan membersihkan permukaan pori dan membuang senyawa pengotor pada fly ash. Sehingga udara yang telah tersaring fly ash lebih kaya oksigen dan membuat proses pembakaran motor diesel 4-langkah menjadi lebih baik, yang mengakibatkan meningkatnya prestasi mesin. Dari hasil pengujian dan analisa didapatkan bahwa dengan menggunakan fly ash yang diaktivasi fisik dan NaOH-fisik dapat meningkatkan prestasi mesin. Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan daya engkol rata-rata terbaik terjadi pada penggunaan fly ash pelet yang diaktivasi fisik dan NaOH-fisik dengan variasi normalitas yaitu terjadi pada penggunaan fly ash pelet aktivasi NaOH-fisik normalitas 0,50N dengan massa 75 gram yaitu sebesar 2,2446 %, diikuti oleh pelet aktivasi NaOH-fisik normalitas 0,25N dengan massa 75 gram yaitu sebesar 1,8991 %. Dan penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terbaik yaitu terjadi pada penggunaan fly ash pelet aktivasi fisik dengan massa 50 gram yaitu sebesar 4,4404 %, namun secara rata-rata penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terbaik yaitu terjadi pada penggunaan fly ash pellet aktivasi NaOH-fisik normalitas 0,75N yaitu sebesar 3,7425 %, diikuti oleh pelet aktivasi NaOH-fisik normalitas 0,50N yaitu sebesar 3,5893 %, sedangkan aktivasi fisik yaitu sebesar 2,9275 %. Kata kunci: fly ash aktivasi fisik, NaOH-fisik, adsorben, prestasi motor diesel. ABSTRACT Oxygen is the most important gas needed in the combustion process. Higher level of oxygen in the air, the combustion process would be more optimal. Fly ash is an alumina silicate compound which was physically and chemically has ability as an absorbent. In this study, the ability of fly ash as an adsorbent was used to filter the air during the combustion process in order to increase performance of a 4-stroke diesel engine. Fly ash was given two activation processes those were physical and chemical-physical activation using NaOH with 0,25N; 0,50N; and 0,75N normality and physical activation at temperature of 150 o C for 1 hour and mass variation of 25 grams, 50 grams and 75 grams. The activation was aimed to clean the surface of the pores and through compound impurities in fly ash. As the air had been filtered, the fly ash would be rich in oxygen and made the combustion process of a 4-stroke diesel engine better than before, resulting in increase performance of engine. From the test results and analysis had been known that using chemical-physical and physical activation fly ash can increase the performance of diesel engine. The results show that the highest increase of brake power in average occurred in using fly ash pellet of NaOH-physical activation with normality 0,50N and 75 grams of mass that is 2.2446%, followed with NaOH-physical 0,25N and mass of 75 grams that is 1,8991 %. The best reduction of specific fuel consumption on application of fly ash pellet were physical activation with 50 grams of mass giving an increase of 4.4404%. How are then the best reduction of specific fuel consumption in average occurred in using fly ash pellet of NaOH-physical activation with normality 0,75N giving an increase of 3,7425 %, and as big as 3,5893 % for NaOH-physical activation with normality 0,50N, while for physical activation, it was of 2,9275 %. Keywords: NaOH-physical activation, fly ash adsorbent, diesel engine, brake power.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik mesin dan mesin
> Teknik mesin dan mesin

> Kendaraan bermotor. Aeronautika . astronautika
> Kendaraan bermotor. Aeronautika . astronautika
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 4889122 . Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2015 03:21
Terakhir diubah: 28 Oct 2015 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14098

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir