H. Almaini St Sulaiman, JUNAINA (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KERANGKA IFSO TERHADAP PENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 WAY LIMA. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
4. Cover Dalam.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version Download (645Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (693Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Pernyataan.pdf - Published Version Download (681Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (532Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (552Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (926Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (238Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan model mental siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (2) perbedaaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (3) karakteristik model mental siswa yang tergali dalam pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (4) respon siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Lima, Pesawaran dengan populasi 68 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui: tes model mental, tes penguasaan konsep dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji one way anova dan t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peningkatan model mental siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,45 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,36; (2) peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,50 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,34; (3) Karakteristik model mental siswa yang tergali pada konsep ikatan kimia setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental ilmiah 17,6% dan model mental konsensus 67,6%, sedangkan setelah mengikuti pembelajaran ekspositori sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental konsensus 73,6% dan model mental alternatif 20,6%; (4) Pembelajaran kerangka IF-SO mendapatkan respon positif yang berkriteria sangat tinggi dibandingkan pembelajaran ekspositori yang mendapat respon positif dengan berkriteria tinggi. Kata Kunci: model mental, penguasaan konsep, kerangka IFSO
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 22 Mar 2014 05:00 |
Terakhir diubah: | 22 Mar 2014 05:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1425 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |