PENGARUH PEMBELAJARAN KERANGKA IFSO TERHADAP PENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 WAY LIMA

H. Almaini St Sulaiman, JUNAINA (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KERANGKA IFSO TERHADAP PENINGKATKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 WAY LIMA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
4. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (645Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (693Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Pernyataan.pdf - Published Version

Download (681Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (532Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (552Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (926Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan model mental siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (2) perbedaaan peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (3) karakteristik model mental siswa yang tergali dalam pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia; (4) respon siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dan pembelajaran ekspositori pada konsep ikatan kimia. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Lima, Pesawaran dengan populasi 68 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui: tes model mental, tes penguasaan konsep dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji one way anova dan t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peningkatan model mental siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,45 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,36; (2) peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kerangka IFSO dengan N-Gain 0,50 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori dengan N-Gain 0,34; (3) Karakteristik model mental siswa yang tergali pada konsep ikatan kimia setelah mengikuti pembelajaran kerangka IFSO sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental ilmiah 17,6% dan model mental konsensus 67,6%, sedangkan setelah mengikuti pembelajaran ekspositori sebagian besar terdeskripsi sebagai model mental konsensus 73,6% dan model mental alternatif 20,6%; (4) Pembelajaran kerangka IF-SO mendapatkan respon positif yang berkriteria sangat tinggi dibandingkan pembelajaran ekspositori yang mendapat respon positif dengan berkriteria tinggi. Kata Kunci: model mental, penguasaan konsep, kerangka IFSO

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Mar 2014 05:00
Last Modified: 22 Mar 2014 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item