UPAYA MENINGKATKAN KRETIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI PENERAPAN MEDIA FLASH PADA SISWA SMP NEGERI I KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813031046, Rahmawati (2012) UPAYA MENINGKATKAN KRETIVITAS, MINAT, DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI PENERAPAN MEDIA FLASH PADA SISWA SMP NEGERI I KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Persembahan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. SANWACANA.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (1387Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0. DAFTAR ISI.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.BAB I rahma.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. BAB II rahma.pdf

Download (1043Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. BAB III rahma.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
4. bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (255Kb)
[img]
Preview
File PDF
5. BAB 5.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Daftar pustaka.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan media flash dalam pembelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan kreativitas, minat, dan hasil belajar IPS Terpadu siswa, 2) peningkatan kreativitas, minat, dan hasil belajar siswa melalui penerapan media flash dalam pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIId SMP Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Penerapan media flash digunakan sebagai media pembelajaran di kelas pada penelitian ini, dilaksanakan dua siklus tanggal 30 Januari s/d 5 Maret 2012. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan tes akhir siklus dilaksanakan pada pertemuan ketiga setiap akhir siklus. Penilaian observasi kreativitas dan minat belajar siswa dilaksanakan tiap kali pertemuan oleh observer. Hasil penelitian dan pengamatan diperoleh: 1) hasil belajar diukur dari aspek kognitif yaitu nilai rata- rata kelas pada siklus 1 yaitu 21 siswa dengan persentase rata- rata kelas yaitu 63,64 %, dan meningkat pada siklus 2 yaitu sebanyak 24 siswa dengan persentase rata- rata kelas 73,64%. Kreativitas belajar siswa pada saat pembelajaran dengan penerapan media flash mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kreativitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Rata- rata kreativitas siswa dalam belajar pada siklus 1 sebesar 30%, siklus 2 sebesar 75%. Minat belajar siswa pada saat pembelajaran dengan penerapan media flash mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Rata- rata minat belajar siswa dalam belajar pada siklus 1 sebesar 43%, siklus 2 sebesar 79%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media flash dapat meningkatkan kreativitas belajar, minat belajar, dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIId SMP Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah. Kata kunci: kreativitas, minat belajar, hasil belajar dan media flash

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:47
Terakhir diubah: 05 Nov 2015 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir