PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (PTK Pada Kelas XM1 SMK Kosgoro Bandar Sribhawono TP 2010-2011)

0613023006, Lailatul Haniah (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (PTK Pada Kelas XM1 SMK Kosgoro Bandar Sribhawono TP 2010-2011). Digitla Library.

[img]
Preview
File PDF
bab I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab II.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] File PDF
bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (188Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover In.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata ulangan harian pada materi pokok ikatan kimia kelas XM1 SMK Kosgoro Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2010-2011 adalah 63,87. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 66, pada kenyataannya hanya 53,12% siswa mendapat nilai ≥ 66. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) rendah. Berdasarkan distribusi sebaran nilai rata-rata, terdapat 7 siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang sangat tinggi, sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang memungkinkan siswa pandai tersebut berperan sebagai asisten dalam kelompok yang bertugas membimbing teman dalam kelompoknya agar terjadi interaksi antar siswa sehingga siswa dapat bersama-sama membahas materi yang dipelajari. Untuk itulah dipilih model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Lailatul Haniah Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan: (1) aktivitas on task; (2) penguasaan konsep; (3) ketuntasan belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan konsep materi hukum-hukum dasar kimia yang diukur melalui tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatan persentase: (1) aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II (a) aktif berdiskusi sebesar 14,06% (b) menjawab pertanyaan sebesar 3,12% (c) mengajukan pertanyaan sebesar 7,2% dan (d) mengemukakan pendapat sebesar 10,94% (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,62%. Kata kunci : kooperatif tipe TAI, aktivitas on task, penguasaan konsep, hukumhukum dasar kimia

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 20 Nov 2015 01:47
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14406

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir