0923031051, Yuli Ambarwati (2011) PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV Sekolah Alam Lampung). Digital Library.
|
File PDF
01 Cover & daftar isi.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
02 Bab 1 PENDAHULUAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
03 Bab 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (306Kb) | Preview |
|
|
File PDF
04 Bab 3 METODE PENELITIAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
06 Bab 5 SIMPULAN & SARAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
File PDF
05 Bab 4 HASIL & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar lebih tepat dilakukan dengan pendekatan terpadu. Salah satu sekolah dasar di Provinsi Lampung yang telah menerapkan pembelajaran terpadu (integrated learning) model tematik/webbed dari Robin Fogarty (1991) adalah Sekolah Alam Lampung. Model pembelajaran webbed tersebut merupakan suatu model pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai ilmu/pelajaran dalam sebuah tema tertentu, sehingga antara satu pelajaran dengan pelajaran yang lain saling berhubungan dan berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran tematik IPS di kelas IV Sekolah Alam Lampung, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran tematik IPS di kelas IV Sekolah Alam Lampung dengan menggunakan tema yang cenderung berkaitan dengan pelajaran Sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berupa studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi; sedangkan analisis data menggunakan Model Analisis Interaktif dari Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan tema yang berkaitan dengan mata pelajaran Sains dalam perencanaan pembelajaran berdampak pada kesulitan guru untuk menyesuaikan beberapa kompetensi dasar IPS dengan tema tersebut. Pelaksanaan pembelajaran tematik IPS sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Siswa mampu menghubungkan antarkonsep IPS dengan pelajaran lainnya. Namun demikian, keterlibatan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran masih belum optimal. Penilaian hasil pembelajaran tematik IPS berupa portofolio, raport narasi, dan buku raport. Penilaian juga dititikberatkan pada pembentukan akhlak dan karakter siswa dengan memperhatikan multiple intelligence. Kata kunci: Pembelajaran tematik (webbed), IPS, Sekolah Alam Lampung
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 01:50 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 01:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14425 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |