NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN-CERPEN LAMPUNG POST EDISI SEMESTER PERTAMA TAHUN 2013 DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Purnomo Sidi, FAUZIE PURNOMO SIDI (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN-CERPEN LAMPUNG POST EDISI SEMESTER PERTAMA TAHUN 2013 DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (658Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (592Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (649Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (677Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (204Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter cerpen-cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013 dan kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter cerpen-cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013 dan menilai kelayakannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan cara membaca satu per satu cerpen, menandai dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerpen. Langkah selanjutnya adalah menganalisis dan memberi simpulan hasil analisis nilai pendidikan karakter serta menilai kelayakannya sebagai bahan ajar di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada cerpen-cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013 hadir dengan berbagai macam cara. Ada yang tampak melalui kata-kata tokoh dalam cerpen, melalui peristiwa dalam cerpen, ada yang hadir secara implisit, dan ada juga yang tampak melalui perbuatan tokoh dalam cerpen. Nilai pendidikan karakter yang paling baik dijadikan bahan ajar adalah nilai pendidikan karakter yang hadir lewat perbuatan tokoh dalam cerpen. Hal tersebut memudahkan siswa untuk menginterpretasi nilai yang terkandung dalam cerpen sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen-cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013 berjumlah dua belas nilai yang tersebar ke dalam lima belas cerpen. Cerpen yang memiliki nilai pendidikan karakter paling kuat yakni cerpen Waktu Matahari Sepenggalan Naik karya Rilda A. Taneko dengan lima nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter tersebut diklasifikasikan meliputi nilai religius, disiplin, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam lima belas cerpen Lampung Post edisi semester pertama tahun 2013 layak dijadikan alternatif bahan ajar sastra di SMA. Cerpen-cerpen tersebut dapat dimanfaatkan guru sebagai bahan ajar sastra yang menunjang pembelajaran berbasis pendidikan karakter pada silabus kurikulum 2013 SMA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 30 Apr 2014 03:12
Terakhir diubah: 30 Apr 2014 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir