0713023021, EMMA HERNITA (2012) PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. cover_dalam.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Motto.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Sanwacana.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (215Kb) |
||
|
File PDF
BAB III.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab V.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan wawancara dengan guru kimia di SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep materi sistem koloid kelas XI IPA tahun pelajaran 2009-2010 yaitu 61 . Kriteria Ketuntasan Minimum pelajaran kimia yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥ 68, hanya 34,78% tercapai. Berdasarkan observasi pembelajaran kimia di kelas XI IPA, sebagian besar siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Selama ini siswa belum pernah dilatih keterampilan mengkomunikasikan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran Learning Cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: (1) keterampilan mengkomunikasikan, (2) penguasaan konsep sistem koloid, (3) ketuntasan belajar melalui pembelajaran Learning Cycle 5E . Emma Hernita Penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung TP 2010- 2011 yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke II dan siklus II ke III, yaitu: (1) Keterampilan mengkomunikasikan pada kelompok keterampilan tinggi sebesar 20% dan 15%, (3) penguasaan konsep sebesar 7,56% dan 7,81%, (4) ketuntasan belajar sebesar 10% dan 15%. Dengan demikian, semua indikator kinerja penelitian ini tercapai. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 5E, keterampilan mengkomunikasikan, penguasaan konsep, ketuntasan belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 01:59 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 01:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14481 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |