PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 WAY TENONG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713031022, EDI WAHYUDI (2011) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 WAY TENONG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1000Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KOPER.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam proses belajar yang menggambarkan keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh siswa yang dapat dilihat pada setiap mengikuti tes. Dalam proses pembelajaran hasil belajar yang diperoleh siswa tidak selamanya baik. Terkadang siswa memperoleh hasil belajar yang kurang memuaskan. Hasil belajar ini merupakan cerminan saat siswa belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor yang meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam individu siswa tersebut meliputi intelegensi, motivasi, minat, disiplin, kesehatan, cara belajar. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu siswa tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan faktor sekolah. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa Kelas XI IPS Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2010/2011 belum berhasil mencapai hasil belajar yang optimal.Oleh karena itu dalam penelitian ini akan mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar yang dimiliki oleh pihak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh positif kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2010/2011 (2) untuk mengetahui pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2010/2011 (3) Untuk mengetahui pengaruh positif kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 141 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 104 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh positif kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2010/2011, dilihat berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan regresi linier multipel, maka diperoleh t hitung sebesar 5,078 > t tabel sebesar 1,983 (hasil intervolasi), nilai signifikansi < alpha yaitu 0,000 < 0,05. Ada pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2010/2011, dilihat berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan regresi linier multipel, maka diperoleh t hitung sebesar 4,822 > t tabel sebesar 1,983 (hasil intervolasi), nilai signifikansi < alpha yaitu 0,000 < 0,05. Ada pengaruh positif kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung = 29,187 > F tabel = 2,690 (hasil intervolasi). dengan koefisien korelasi (R) = 0,605 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,366 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh kreativitas guru dan fasilitas belajar sebesar 36,6%. dengan R 2 sebesar 0,366 atau Hasil belajar Ekonomi dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar sebesar 36,6%, sisanya 63,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukan R sebesar 0,605 termasuk tingkat hubungan yang kuat.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:02
Terakhir diubah: 20 Nov 2015 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir