0813053045, Melinda Widayati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 02 ASTOMULYO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (496Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (330Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (83Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah dikelas IV SD Negeri 02 Astomulyo khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti adanya peningkatan persentase aktivitas dan rata-rata hasil belajar siswa setiap siklus. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 52,5%, meningkat pada siklus II sebesar 70%, dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 82,5%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,5%, siklus II ke siklus III sebesar 12,5%. Begitu pula rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari 61,31 pada siklus I, menjadi 68,50 pada siklus II, dan 77,13 pada siklus III. Peningkatan rata-rata hasil belajar sisiwa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,19, siklus II ke siklus III sebesar 8,63. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dari siklus I, siklus II, hingga siklus III dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri 02 Astomulyo. Kata kunci : contextual teaching and learning, aktivitas, dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 02:06 |
Terakhir diubah: | 20 Nov 2015 02:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14623 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |