Kemampuan Mengembangkan Kalimat Utama menjadi Sebuah Paragraf pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2010/2011

0713041043, Resika Gustiani (2011) Kemampuan Mengembangkan Kalimat Utama menjadi Sebuah Paragraf pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraf pada siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandarlampung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraf pada siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandarlampung tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian diharapkan dapat berguna sebagai bahan pertimbangan bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya tentang kemampuan mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraf, dan sebagai informasi dan bahan masukan bagi siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandarlampung yang berjumlah 150 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa (20%). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Jenis tes yang digunakan adalah uraian dengan waktu 90 menit. Data penelitian ini dikaji berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan, yaitu (1) kesatuan (kohesi); (2) kepaduan (koherensi); dan (3) penggunaan bahasa, yang meliputi aspek keefektifan kalimat, pemilihan diksi, serta penggunaan ejaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Rata-rata kemampuan siswa untuk keseluruhan paragraf sebesar 79 termasuk kategori baik. Nilai rata-rata aspek kesatuan (kohesi) sebesar 4,7 dengan presentase tingkat kemampuan 94% termasuk kategori baik. Nilai rata-rata aspek kepaduan (koherensi) sebesar 4,3 dengan presentase tingkat kemampuan 87% termasuk kategori baik. Nilai ratarata aspek keefektifan kalimat sebesar 3,2 dengan presentase tingkat kemampuan 63% termasuk kategori cukup. Nilai rata-rata aspek penggunaan diksi sebesar 3,9 dengan presentase tingkat kemampuan 78% termasuk kategori cukup. Nilai ratarata aspek ejaan sebesar 3,6 dengan presentase tingkat kemampuan 71% termasuk kategori cukup.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 23 Nov 2015 05:56
Last Modified: 23 Nov 2015 05:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item View Item