Puspita Indah Rahayu, 1113022045 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI OPTIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (252Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (239Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Model pembelajaran problem based learning (PBL) dan discovery learning diterapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa yang akan berdampak positif terhadap meningkatnya hasil belajar siswa melalui permasalahan-permasalahan dan fenomena yang disajikan. Pada pelaksanaannya siswa diberikan LKS yang berbasis PBL dan discovery learning, kemudian siswa melakukan penyelidikan melalui percobaan untuk menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan model PBL dengan discovery learning pada materi optik dan mengetahui hasil belajar yang lebih tinggi antara pembelajaran menggunakan model PBL dengan discovery learning pada materi optik. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan PBL dan discovery learning. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan PBL sebesar 53,90 sedangkan pada kelas yang diterapkandiscovery learning sebesar 38,10. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan PBL sebesar 28,30 dengan nilai N-gain sebesar 0,37 (kategori sedang). Peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan discovery learning sebesar 9,70 dengan nilai N-gain sebesar 0,13 (kategori rendah). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan PBL lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : problem based learning, discovery learning, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 4067011 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 04:25 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 06:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14724 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |