0743041047, Zares Melia (2011) IMPLIKATUR PERCAKAPAN ANTARANGGOTA UKM KSR PMI UNIT UNILA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar pustaka.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar pengesahan.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
File PDF
HASIL DAN PEMBAHASA1.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (9Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah implikatur percakapan antaranggota UKM KSR PMI Unit Unila. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan antaranggota UKM KSR PMI Unit Unila. Penulis meneliti hal tersebut karena di UKM KSR PMI Unit Unila sering menggunakan tuturan yang mengandung implikatur. Peneliti juga lebih mudah mendapatkan data karena peneliti juga anggota UKM tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah percakapan antaranggota UKM KSR PMI Unit Unila yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. Data pada penelitian ini berupa tuturan yang mengandung implikatur. Hasil penelitian ini berupa implikatur percakapan antaranggota UKM KSR PMI Unit Unila yang berbentuk tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal dengan menggunakan konteks tempat, konteks waktu, dan kontek situasi. Modus yang M Zares Melia digunakan ialah modus menyatakan fakta, modus bertanya, modus memberi petunjuk, dan modus membandingkan. Hasil penelitian berimplikasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA sebagai tambahan referensi bagi guru dan siswa agar menggunakan implikatur dalam interaksi pembelajaran untuk menjaga hubungan baik dan kesopanan dalam proses pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 05:56 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 05:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14726 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |