PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS PUSI SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI I GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/1011

1013116011, ARWATI (2011) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS PUSI SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI I GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/1011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri I Gadingrejo. Peneliti melakukan penelitian tindakan dengan menerapkan media gambar tujuannya adalah untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui media gambar, khususnya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gadingrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) melalui refleksi diri yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) perencanaan (Planning); 2) tindakan (action); 3) pengamatan (observation), dan 4) refleksi (reflection). Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gaingrejo tahun pelajaran 2010/ 2011 berjumlah 30 orang, terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam menulis puisi diperoleh rata-rata nilai sebesar 67,1 atau dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan memanfaatkan media gambar diperoleh rata-rata nilai kemampuan menulis puisi pada Siklus I sebesar 68,9 dengan kategori sedang, atau meningkat sebesar 1,8 atau 2,7%. Sedangkan kemampuan menulis puisi pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,2 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 6,3 atau 9,1%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 23 Nov 2015 06:01
Last Modified: 23 Nov 2015 06:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item