1013079140, SUNARSIH (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELAS V SEMESTER 1 SD NEGERI 1 SINDANGSARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
KATA PENGANTAR bu narseh.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (373Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (272Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasar observasi penulis pada peserta didik kelas V SDN 1 Sindangsari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 43 Orang. Untuk pembelajaran Matematika ada 23 Orang yang tidak tuntas dan 20 siswa yang tuntas.Ketidak tuntasan siswa bisa dilhat dari kriteria ketuntasan minimum ( KKM ) yang telah ditentukan yaitu 65,00. Berdasar Latar Belakang masalah, siswa kelas V SDN 1 Sindangsari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan mengalami nilai dibawah KKM 23 orang karena tidak menggunakan metode diskusi. Setelah menggunakan metode diskusi siswa mengalami peningkatan menjadi tuntas semua. Penelitian ini menggunakan metode diskusi sebanyak tiga putaran, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 1 Sindangsari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas mencapai 34,9% selanjutnya meningkat sebesar 11,6%. Pada siklus II menjadi 46,5 % kemudian pada siklus III meningkat sebesar 23,3% menjadi 69,8%. Hasil belajar siswapun mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 63,72. Pada siklus II meningkat 13,08 menjadi 76,8 dan siklus III meningkat sebesar 20,9 menjadi 97,7. Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Penerapan metode diskusi.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 06:00 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 06:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14789 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |