PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 BAGELEN KABUPATEN PESAWARAN T.P 2011/2012

1013109056, Sriyati (2012) PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 BAGELEN KABUPATEN PESAWARAN T.P 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (427Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kata pengantar.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4068b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah: (1) rendahnya aktivitas belajar siswa, (2) rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan media lingkungan, (2) meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, dan catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini diperoleh data bahwa: (1) terdapat peningkatan aktivitas siswa dilihat dari hasil perbandingan pengamatan dari siklus 1 dan siklus 2, dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan aktivitas dari 3,04% menjadi 1,03%, (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan lingkungan sebagai medianya dapat berjalan dengan baik. Peningkatan kinerja guru dari siklus 1 ke siklus 2 sebanyak 12,91%, (3) hasil belajar IPA siswa secara individu melalui penggunaan media lingkungan menunjukkan peningkatan yang cukup berarti dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 9 orang atau sekitar 81,82%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, media lingkungan

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 04:02
Terakhir diubah: 26 Nov 2015 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir