1013109077, Agus Miyarni MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SIDODADI KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (269Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (247Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4049b) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (108Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 5 Sidodadi, terdapat permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang memanfaatkan strategi dan media pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM (<65). Persentase siswa yang tuntas belajar <85%. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode demonstrasi dengan alat peraga bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga bangun datar dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas IV sebanyak 10 orang yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga bangun datar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa siklus I 70%, meningkat menjadi 85% di siklus II. Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 66, meningkat menjadi 79 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 70% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 90% (tuntas). Saran untuk kepala sekolah adalah agar dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan metode demonstrasi dengan alat peraga bangun datar dalam pembelajaran khususnya Matematika. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil belajar, Demonstrasi, Matematika
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:02 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14800 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |