Muhammad Yanto, PUTRI CHRIS YANTO (2014) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK KERAGAMAN SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (1044Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (887Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERYATAAN.pdf - Published Version Download (538Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf - Published Version Download (106Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1275Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (27Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa belum dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar yang dapat melatih KPS siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat melatih KPS siswa yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis KPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis KPS terhadap peningkatan KPS siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIC dan VIIF yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf Putri Chris Yanto iii kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi KPS siswa, data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS berbasis KPS yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa masih rendah yang dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 13,07 ± 6,12; rata-rata postes 25,75 ± 10,26; dan rata-rata N-gain sebesar 0,15 ± 0,12. Rata-rata N-gain pada aspek observasi 0,17± 0,14, pada aspek interpretasi 0,08 ± 0,20 dan pada aspek komunikasi sebesar 0,33 ± 0,31. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 60,25% yang berkriteria sedang. Selain itu, sebagian besar siswa (92,5%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis KPS. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS berpengaruh dalam meningkatkan KPS siswa tapi tidak secara signifikan. Kata kunci : Keragaman Sistem Organisasi Kehidupan, Keterampilan Proses Sains (KPS), LKS berbasis KPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 08 May 2014 03:42 |
Terakhir diubah: | 08 May 2014 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1487 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |