1013119203, SUMILAH MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 3 PRINGSEWU TIMUR KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012-2013. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (346Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (241Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengantar.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS di kelas 5 SDN 3 Pringsewu Timur adalah bahwa guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang termotivasi. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran. Akibat yang paling parah adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Maka permasalahannya dapat dirumuskan: Apakah dengan penggunaan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Pringsewu Timur? Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah dalam Mata Pelajaran IPS Kelas 5 SDN 3 Pringsewu Timur Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012- 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus tindakan. Setiap sikluus meliputi langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data hasil belajar dilaksanakan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan siswa pada setiap siklus semakin meningkat, yaitu tingkat keberhasilan siswa yang mencapai KKM siklus pertama adalah 52,17%, siklus kedua 69,56%, dan pada siklus ketiga keberhasilan mencapai 78,24 %. Kesimpulannya bahwa pembelajaran IPS dengan metode Pemecahan Masalah ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan partisipasi siswa sehingga semakin kooperatif, meningkatkan kemampuan siswa dalam hal analisis, dan berkarakter demokratis. Kata Kunci: Prestasi belajar, Metode Pemecahan Masalah
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:06 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14874 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |