1013119203, SUMILAH MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 3 PRINGSEWU TIMUR KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012-2013. Digital Library.
|
Text
abstrak.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (346Kb) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (241Kb) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
cover 2.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
Text
cv.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar lampiran.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar tabel.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
Text
motto.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
pengantar.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
pernyataan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
persembahan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
persetujuan.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS di kelas 5 SDN 3 Pringsewu Timur adalah bahwa guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang termotivasi. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran. Akibat yang paling parah adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Maka permasalahannya dapat dirumuskan: Apakah dengan penggunaan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Pringsewu Timur? Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah dalam Mata Pelajaran IPS Kelas 5 SDN 3 Pringsewu Timur Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012- 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus tindakan. Setiap sikluus meliputi langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data hasil belajar dilaksanakan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan siswa pada setiap siklus semakin meningkat, yaitu tingkat keberhasilan siswa yang mencapai KKM siklus pertama adalah 52,17%, siklus kedua 69,56%, dan pada siklus ketiga keberhasilan mencapai 78,24 %. Kesimpulannya bahwa pembelajaran IPS dengan metode Pemecahan Masalah ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan partisipasi siswa sehingga semakin kooperatif, meningkatkan kemampuan siswa dalam hal analisis, dan berkarakter demokratis. Kata Kunci: Prestasi belajar, Metode Pemecahan Masalah
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:06 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14874 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |