OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK TELKOM SCHOOL

ANSELIA ERITA, 1213254002 (2015) OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK TELKOM SCHOOL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (109Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (348Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep sains yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan menggunakan panduan instrumen observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konsep sains melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan kemampuan mengenal konsep sains yang semula pada siklus I rata-rata hanya mencapai 25,2 persen meningkat menjadi 37,6 persen pada siklus II dan menjadi 71,6 persen pada siklus III. Oleh sebab itu hendaknya lebih di optimalkan, terutama dalam penggunaan metode eksperimen agar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep sains pada anak usia dini. Kata Kunci : Metode Eksperimen

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: 6797354 . Digilib
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:28
Last Modified: 01 Dec 2015 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14924

Actions (login required)

View Item View Item