PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Kota Gajah TA 2010/2011)

0543024040, Sariani PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Kota Gajah TA 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV New.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
hal menyetujui.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (265Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (114Kb) | Preview

Abstrak

Hasil observasi dan diskusi dengan guru Biologi di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Gajah, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang muncul hanya kemampuan menyimpulkan. Hal ini diduga kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Salah satu upaya yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan penerapan model kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem; 2) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan penerapan model kontekstual dan tanpa penerapan model kontekstual. Desain penelitian adalah pre test-post test tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan VIID yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretes dan postes, dihitung dengan rumus N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain kelas eksperimen = 37,74 dan rata-rata N-gain kelas kontrol = 30,62. Selain itu diketahui juga aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Ekosistem dibanding dengan model konvensional. Rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang paling tinggi adalah membangun ketrampilan dasar. Kata kunci : model pembelajaran kontekstual, berpikir kritis, ekosistem.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 02 Dec 2015 04:55
Last Modified: 02 Dec 2015 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item View Item