0613024043, Septi Nurasiah PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (325Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (399Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap penguasaan materi pokok Ekosistem pada siswa kelasVII SMP N 20 Bandar lampung. Desain penelitian Pretes-posttes non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF dan VIIG yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir, kemudian dihitung selisisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 95% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai penguasaan materi siswa yang pembelajarannya menggunakan peta konsep ( 75,08) lebih tinggi dibanding tanpa penggunaan peta konsep (65,83). Berati bahwa kemampuan penguasaan materi siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode peta konsep lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode peta konsep. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode peta konsep terhadap penguasaan materi siswa pada materi pokok Ekosistem. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode peta konsep lebih tinggi yaitu 79,5% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 60,3%. Aktivitas tertinggi yaitu pada aspek membuat peta konsep, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil diskusi sedangkan pada kelas kontrol aktivitas yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah pada aktivitas berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Kata kunci : peta konsep, penguasaan konsep, materi pokok ekosistem
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:03 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 05:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14963 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |