PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)

0613024043, Septi Nurasiah PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (84Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap penguasaan materi pokok Ekosistem pada siswa kelasVII SMP N 20 Bandar lampung. Desain penelitian Pretes-posttes non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF dan VIIG yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir, kemudian dihitung selisisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 95% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai penguasaan materi siswa yang pembelajarannya menggunakan peta konsep ( 75,08) lebih tinggi dibanding tanpa penggunaan peta konsep (65,83). Berati bahwa kemampuan penguasaan materi siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode peta konsep lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode peta konsep. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode peta konsep terhadap penguasaan materi siswa pada materi pokok Ekosistem. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode peta konsep lebih tinggi yaitu 79,5% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 60,3%. Aktivitas tertinggi yaitu pada aspek membuat peta konsep, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil diskusi sedangkan pada kelas kontrol aktivitas yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah pada aktivitas berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Kata kunci : peta konsep, penguasaan konsep, materi pokok ekosistem

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 02 Dec 2015 05:03
Last Modified: 02 Dec 2015 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

View Item View Item