PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)

0613024043, Septi Nurasiah PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (325Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (399Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (84Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap penguasaan materi pokok Ekosistem pada siswa kelasVII SMP N 20 Bandar lampung. Desain penelitian Pretes-posttes non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF dan VIIG yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir, kemudian dihitung selisisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 95% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai penguasaan materi siswa yang pembelajarannya menggunakan peta konsep ( 75,08) lebih tinggi dibanding tanpa penggunaan peta konsep (65,83). Berati bahwa kemampuan penguasaan materi siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode peta konsep lebih tinggi dari pada kelas yang pembelajarannya tanpa menggunakan metode peta konsep. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode peta konsep terhadap penguasaan materi siswa pada materi pokok Ekosistem. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode peta konsep lebih tinggi yaitu 79,5% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 60,3%. Aktivitas tertinggi yaitu pada aspek membuat peta konsep, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil diskusi sedangkan pada kelas kontrol aktivitas yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah pada aktivitas berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusi. Kata kunci : peta konsep, penguasaan konsep, materi pokok ekosistem

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 02 Dec 2015 05:03
Terakhir diubah: 02 Dec 2015 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir