PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGSEWU BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1013119163, RATNA YULI (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PRINGSEWU BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1556Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (564Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (799Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (256Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (293Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (504Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat, terdapat permasalahan motivasi siswa rendah, siswa tidak bersemangat dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Rata-rata masih dibawah KKM (<67). Persentase siswa yang tuntas belajar <85%. Oleh karena itu berdasarkan rumusan masalah Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran inquiry. Penelitian ini bertujuan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry dikelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari Prosentase motivasi belajar siswa pada tiap siklusnya, pada siklus I yaitu 58,75%, siklus II yaitu 69,25% dan siklus III yaitu 84,25%. Sedangkan Prosentase peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa pada tiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah 32% dengan nilai rata-rata 59,00 pada siklus II 61% dengan nilai rata-rata 66,51 dan pada siklus III 94% dengan nilai rata-rata 73,74 telah tuntas mencapai standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 67. Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Barat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar juga meningkat. Dengan demikian dapat disarankan bahwa metode pembelajaran inquiry dapat diterapkan oleh guru yang lain guna meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa sehingga meningkatkan mutu pendidikan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 02 Dec 2015 04:54
Last Modified: 02 Dec 2015 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir