MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I WONOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013127002, AKHMAD SATIBI (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I WONOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (360Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1743Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3610Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1125Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (634Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (769Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (297Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (255Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (905Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo. Metod yang dipilih Penelitian Tindakan Kelas (PTK) teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengamatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pasa siklus I mencapai (62,50%,),siklus II aktivitas belajar mencapai (68,75%), dan siklus III aktivitas belajar siswa (81,25%). Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa mengalami dari siklus I ke siklus berikutnya. Pada siklus I ke siklus II aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 3,5 %, sedangkan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 6,1%, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II rata-ratanya mengalami peningkatan 72,37 dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 89,38.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 02 Dec 2015 04:56
Last Modified: 02 Dec 2015 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14980

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir