MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PADANGRATU KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1113109024, Maskiyah (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PADANGRATU KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (1954Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (3566Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (481Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (263Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (249Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question (LSQ). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru, kolaboran, dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Aktivitas siswa pada siklus I 62,00%, pada siklus II meningkat menjadi 77,00%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 67,65, pada siklus II meningkat menjadi 74,41. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I 65%, meningkat pada siklus II menjadi 80%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 02 Dec 2015 05:01
Terakhir diubah: 02 Dec 2015 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir