Septi Yuyun Ernasari, 1113053106 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD NEGERI 04 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (243Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat melalui penerapan model cooperative learning tipe co-op co-op dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe co-op co-op dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat. Meningkatnya aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata persentase siswa aktif, siklus I sebesar 52,38%, dan siklus II sebesar 76,19%, meningkat sebesar 23,81%. Ketuntasan kognitif siswa pada siklus I sebesar 64,76 dengan persentase ketuntasan 52,38% dan siklus II sebesar 79,14 dengan persentase ketuntasan 76,19%, meningkat sebesar 23,81%. Persentase ketuntasan afektif siswa pada siklus I sebesar 57,14% dan siklus II sebesar 80,95%, meningkat sebesar 23,81%. Persentase ketuntasan psikomotor siswa pada siklus I sebesar 61,90% dan siklus II sebesar 76,19%, meningkat 14,29%. Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning tipe co-op co-op, hasil belajar, media grafis.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 7619848 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 03:12 |
Last Modified: | 02 Dec 2015 03:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15051 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |