Septi Yuyun Ernasari, 1113053106 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SD NEGERI 04 METRO BARAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (277Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (243Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat melalui penerapan model cooperative learning tipe co-op co-op dengan media grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe co-op co-op dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VA SD Negeri 04 Metro Barat. Meningkatnya aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata persentase siswa aktif, siklus I sebesar 52,38%, dan siklus II sebesar 76,19%, meningkat sebesar 23,81%. Ketuntasan kognitif siswa pada siklus I sebesar 64,76 dengan persentase ketuntasan 52,38% dan siklus II sebesar 79,14 dengan persentase ketuntasan 76,19%, meningkat sebesar 23,81%. Persentase ketuntasan afektif siswa pada siklus I sebesar 57,14% dan siklus II sebesar 80,95%, meningkat sebesar 23,81%. Persentase ketuntasan psikomotor siswa pada siklus I sebesar 61,90% dan siklus II sebesar 76,19%, meningkat 14,29%. Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning tipe co-op co-op, hasil belajar, media grafis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7619848 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 03:12 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 03:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15051 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |