PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN TABEL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VII SMP TAMANSISWA TELUKBETUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

, SUMIYANTI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN TABEL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VII SMP TAMANSISWA TELUKBETUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3 cover 2.pdf - Published Version

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2 BSTRAK.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9 DAFTAR ISI PTK 1.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12 BAB I.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13 BAB II.pdf - Published Version

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14 BAB III.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
15 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (212Kb)
[img]
Preview
File PDF
16 BAB V PTK.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
17 DAFTAR PUSTAKAPTK.pdf - Published Version

Download (134Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran siswa mendeskripsikan tabel kurang termotivasi untuk aktif dalam mengerjakan tugas sehingga baru memperoleh hasil 61,1%. Padahal kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah 65 atau ketuntasan klasikal sebesar 75%. Berdasakan hasil tersebut, perlu diadakan penelitian tindakan dengan tujuan memperbaiki proses dan hasil pembelajaran mendeskripsikan tabel sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena penelitian ini dilakukan oleh guru di dalam kelas. Proses pembelajaran mendeskripsikan tabel menerapkan metode pemberian tugas.Adapun alasan pemilihan metode pemberian tugas dalam proses pembelajara mendeskripsikan tabel dengan prediksi metode ini cocok untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mendeskripsikan tabel. Metode pemberian tugas memiliki beberapa kelebihan di antaranya memotivasi siswa untuk aktif belajar, kreatif, disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. ii Sumiyanti Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B semester genap SMP Tamansiswa Telukbetung tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini penulis dibantu seorang teman sejawat bernama Ismiyati,S.Pd., sebagai kolaborator yang membantu selama proses pembelajaran. Beliau membantu mengamati proses pembelajaran untuk memperoleh data sebagai bahan laporan .Data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan perencana an, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan siklus satu, ada prasiklus. Hasil prasiklus dari 36 siswa yang tuntas 22 siswa dengan persentase 61,1% dan yang belum tuntas 14 siswa dengan persentase 38.8%. Selanjutnya pada siklus satu pembelajaran mendeskripsikan tabel dengan menerapkan metode pemberian tugas kelompok siswa yang tuntas 23 orang dengan persentase 63,8% dan yang belum tuntas 13 orang dengan persentase36.1%. Berdasarkan hasil siklus satu perlu dilanjutkan siklus kedua dalam mendekripsikan tabel dengan menerapkan pemberin tugas secara individu. Hasil yang dipeloleh mengalami peningkatan sebesar 22,3% dari siklus satu. Siswa yang tuntas 31 orang dengan persentase 86,1% dan yang tidak tuntas 5 orang dengan persentase 13,8%. Berdasarkan hasil penelitian mendeskripsikan tabel dengan menerapakan metode pemberian tugas secara individu dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas secara individu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan tabel sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> PK Indo-Iranian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 May 2014 04:50
Terakhir diubah: 08 May 2014 04:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir