0713023045, Siwi Kumbara PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAN 6 Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover skripsi siwi.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4 paling bener.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (390Kb) |
||
|
File PDF
BAB I SIWI.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II PROPOSAL SIWI terbaru.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III PROPOSAL SIWI PUNYA.pdf Download (388Kb) | Preview |
|
|
File PDF
V paling baru.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (68Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi di kelas XI IPA1 SMAN 6 Bandar Lampung, tampak bah¬¬wa selama proses pembelajaran kimia berlangsung aktivitas on task masih rendah. Nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan Tahun Pelajaran 2009-2010 adalah 64. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dite¬tapkan sekolah yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 68, namun ha¬nya 53% sis¬wa yang mencapainya. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut ada¬lah dengan menerapkan pembelajaran Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI) dalam kegiatan pem¬belajaran. Tujuan penelitian adalah meningkatkan: (1) persentase rata-rata setiap jenis aktivi-tas on task, (2) persentase rata-rata penguasaan konsep, (3) dan persentase ketun-tasan belajar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis peneliti-an ini adalah Pe¬nelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksa¬na¬kan dalam tiga sik-lus. Data pene¬litian berupa data kuantitatif yang terdiri dari data aktivitas on task siswa, data penguasaan konsep dan data ketuntasan belajar yang diperoleh me¬lalui tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terja¬di peningkatan: (1) persentase rata-rata setiap jenis aktivitas on task sis¬wa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III adalah sebagai berikut. Bertanya pada guru sebesar 12,24% dan 14,51% ; menjawab pertanyaan guru sebesar 12,19% dan 16,13%; mengungkapkan penda-pat sebesar 11,01% dan 12,90%; diskusi dalam kelompok sebesar 27,66% dan 38,71%; (2) persentase rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebe-sar 13,32%, dari siklus II ke siklus III sebesar 16,41% , (3) persentase ketun¬tasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 19,36% , dari siklus II ke siklus III sebesar 22,58%. Kata kunci: Aktivitas on task, penguasaan konsep, ketuntasan belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:13 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15074 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |