PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAN 6 Bandar Lampung TP 2010-2011)

0713023045, Siwi Kumbara PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA1 SMAN 6 Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover skripsi siwi.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4 paling bener.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (390Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB I SIWI.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II PROPOSAL SIWI terbaru.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III PROPOSAL SIWI PUNYA.pdf

Download (388Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
V paling baru.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (68Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi di kelas XI IPA1 SMAN 6 Bandar Lampung, tampak bah¬¬wa selama proses pembelajaran kimia berlangsung aktivitas on task masih rendah. Nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan Tahun Pelajaran 2009-2010 adalah 64. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dite¬tapkan sekolah yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 68, namun ha¬nya 53% sis¬wa yang mencapainya. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut ada¬lah dengan menerapkan pembelajaran Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI) dalam kegiatan pem¬belajaran. Tujuan penelitian adalah meningkatkan: (1) persentase rata-rata setiap jenis aktivi-tas on task, (2) persentase rata-rata penguasaan konsep, (3) dan persentase ketun-tasan belajar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis peneliti-an ini adalah Pe¬nelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksa¬na¬kan dalam tiga sik-lus. Data pene¬litian berupa data kuantitatif yang terdiri dari data aktivitas on task siswa, data penguasaan konsep dan data ketuntasan belajar yang diperoleh me¬lalui tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terja¬di peningkatan: (1) persentase rata-rata setiap jenis aktivitas on task sis¬wa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III adalah sebagai berikut. Bertanya pada guru sebesar 12,24% dan 14,51% ; menjawab pertanyaan guru sebesar 12,19% dan 16,13%; mengungkapkan penda-pat sebesar 11,01% dan 12,90%; diskusi dalam kelompok sebesar 27,66% dan 38,71%; (2) persentase rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebe-sar 13,32%, dari siklus II ke siklus III sebesar 16,41% , (3) persentase ketun¬tasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 19,36% , dari siklus II ke siklus III sebesar 22,58%. Kata kunci: Aktivitas on task, penguasaan konsep, ketuntasan belajar

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:13
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir