PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

1013069023, Elva Meydia Shafoura Tamrin (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (181Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul Skrips.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak

Hasil belajar IPS di SD Muhammadiyah 3 Bandar Lampung rendah (50%) siswa belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui metode make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri 4 langkah kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi aktivitas, dan hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siklus pertama rata-rata 57,85% dengan kategori cukup aktif, meningkat siklus kedua dengan rata-rata 80% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum dilaksanakan penelitian, yang belum tuntas mencapai KKM 50% atau 14 orang siswa, setelah dilakukan tindakan siklus pertama yang tuntas mencapai KKM 67,85% atau 19 orang siswa dan siklus kedua ketuntasan meningkat menjadi 82,14% atau 23 orang siswa dari 28 orang siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:16
Last Modified: 07 Dec 2015 02:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15086

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir