PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINARMULYA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013119072, SRIYANI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SINARMULYA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (143Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
JUDUL TA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinarmulya terlihat bahwa persentase kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih di bawah KKM, ini disebabkan pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan kurang inovatif. Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia hanya berisi kegiatan rutin berdasarkan instruksi guru dan sudah menjadi kebiasaan yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun, karena guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Model penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 21 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan melalui pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinarmulya, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman di setiap siklusnya. Kemampuan membaca pemahaman baik dilihat dari kelancaran membaca, ketepatan menggunakan tanda baca, ketepatan dalam melafalkan, ketepatan dalam intonasi membaca, dan menjelaskan kembali isi bacaan yang semula pada siklus I hanya 62,7% meningkat menjadi 68,27% pada siklus II dan 96,55% pada siklus ke III.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:15
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir