UPAYA PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT BANTU GAMBAR DAN CERITA DI KELAS 2 SD NEGERI 1 BABAKAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013127007, BORIN EDI SUMITRO (2012) UPAYA PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT BANTU GAMBAR DAN CERITA DI KELAS 2 SD NEGERI 1 BABAKAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (183Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover depan.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI2.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran matematika kelas II di SD Negeri 1 Babakan kurang memanfaatkan alat bantu. Aktivitas dan hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini terlihat dari 32 siswa, sebanyak 13 siswa atau 40,63% siswa belum mencapai KKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang diharapkan guru tidak memenuhi indikator keberhasilan sebesar 75% nilai siswa diatas KKM yaitu sebesar 65 dengan nilai rata-rata kelas 57,34. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran dengan alat bantu gambar dan cerita. Alat bantu gambar dan cerita berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari. Jika pembelajaran matematika menggunakan alat bantu gambar dan cerita dengan prinsip-prinsip yang tepat, maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 1 Babakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa instrument soal dan lembar observasi. Jenis data dalam penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif. Kinerja guru dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat bantu gambar dan cerita pada siklus I cukup baik (61,25) dan siklus II baik (78,33). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif pada siklus I mencapai 70,32% dan siklus II 79,69%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 65,63% dengan rata-rata kelas 70,00 dan siklus II 87,5% dengan rata-rata kelas 80,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan alat bantu gambar dan cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 2 SD Negeri 1 Babakan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:03
Last Modified: 07 Dec 2015 02:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15187

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir